Minggu, 15 Februari 2015

Menara Eiffel: INDAHNYA KOTA PARIS


Paris…!!!
Apakah anda berniat untuk mengunjunginya?













Menara eiffel ? ya menara eiffel, jika dalam bahasa perancis namanya la tour eiffel. menara eiffel merupakan sebuah menara besi yang di bangun di champ de mars di tepi sungai meine di paris. menara ini sudah menjadi icon global prancis dan merupakan salah satu struktur terkenal di dunia. waw, it was amazing ya?? Nama eiffel ini di ambil dari nama perancangnya yaitu Gustave Eiffel. Dia juga sebagai insinyur pembangunan. Menara eiffel ini memiliki tinggi 312.27 meter dari tanah. menara ini mempunyai tiga tingkat, tingkat yang paling atas itu dipakai untuk menikmati pamandangan kota paris yang menajadi idaman sebagian besar wisatawan asing. lalu tingkat yang kedua itu digunakan untuk restauran yang sangat mahal, yaitu Restauran Jules Verne. kamudian terakhir yaitu tingkat ketiga dipakai untuk bar, sebuah toko cinderamata, dan kantor gustave eiffel yang direstorasi.
struktur ini dibangun antara 1887 dan 1889 sebagai pintu masuk Exposition Universelle, pameran dunia yang merayakan seabad revolusi perancis. pada mulanya menara eiffel ini ingin dibangun di Barcelona, untuk pameran universal tahun 1888, tapi menurut pihak yang bertanggung jawab di balai kota barcelona mengatakan ini aneh dan mahal, lalu tidak cocok dengan kota ini. kemudian setelah mengalami penolakan di barcelona, akhirnya eiffel mengirim draftnya kepada pihak yang bertanggung jawab untuk pameran universal di paris, dimana ia akan membangun menaranya setahun kemudian, pada tahun 1889. lalu menara ini diresmikan pada tanggal 31 maret 1889, dan dibuka tanggal 6 mei.
menara ini mendapat berbagai kritikan dari masyarakat ketika di bangun, mereka menyebutnya mengganggu mata. surat kabar harian di penuhi dengan surat kritik dari komunitas seni paris. eiffel memiliki izin berdiri menara selama 20 tahun, yang berarti harus di bongkar tahun 1909, ketika kepemilikan di serahkan kepada kota paris. saat kota telah berencana untuk meuruntuhakannya (bagian dari kontes asli yang berencana meruntuhkan) tetapi setelah menara ini terbukti mendatangkan untung dari segi komunikasi, menara ini dibiarkan tetap berdiri meskipun izin tersebut sudah kadaluwarsa. 
Arc de triomphe de l’Étoile atau biasa dikenal sebagai Arc de Triomphe atau dalam bahasa indinesianya itu Gapura Kemenangan. gapura kemenangan adalah monumen berbentuk pelengkung kemenangan di paris yang berdiri di tengah area Place de l’Étoile, diujung batas wilayah Champs-Élysées. bangunan ini dibangun atas perintah Napoleon Bonaparte dengan tujuan untuk menghormati jasa tentara kebesarannya. Arc de Triomphe merupakan salah satu monumen paling terkenal di kota paris yang menjadi latar belakang ansambel perkotaan paris. yang letaknya di bukit Chaillot yang tepat berada di tegah konfigurasi persimpangan jalan raya. pembangunan monumen ini telah di rencanakan sejak 1806 oleh Napoleon setelah kemenangannya di Austerlitz. arsitek dari monumen ini bernama Jean Chalgrin. dan ia meninggal pada tahun 1811. kemudian pembangunanya di lanjutkan oleh Jean-Nicolas Huyot. selama masa restorasi Bourbon di perancis, pembangunan monumen ini sempat dihentikan dan tidak dilanjutkan sama sekali sampai masa pemerintahan raja Louis Philippe di tahun 1833-36. jenazah Napoleon pernah di bawa melewati monumen pada 15 desember 1840 didalam perjalanan menuju makam di invalides. merupakan makam prajurit tak dikenal di pasang di bawah Arc de Triomphe di paris untuk mengenang para korban perang dunia 1 pada 28 januari 1921. monumen yang tingginya 51 meter dengan lebar 45 meter ini disamping sebagai pintu gerbang kota paris, selain sebagai tempat untuk berziarah tempat ini juga sebagai tempat untuk meletakkan prasasti para pejuang yang tidak di kenal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar